Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kota Binjai . Desa Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa tsb dikenal sebagai sentra industri seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family di sana membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, dan sebagainya tapi saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior restoran, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website cukup menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke pasuruan. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan cukup bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib inovatif dan wajib memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari sabang. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang ber-quality dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting konsumen puas.